Kebetulan

Sebelum hari gelap. Sebelum tubuh berkarat.

Di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan. Sampah apa itu kebetulan? Kalau saja memang ‘betul’ ekuivalen dengan kata ‘benar’, tapi mengapa kata ‘kebetulan’ dan ‘kebenaran’ memiliki impresi dan makna yang jauh berbeda?

Sebetulnya catatan ini dibuat untuk membuang sisa-sisa pemikiran yang mengendap tak tahu mau ditaruh dimana. Seharian menulis usulan proyek, dan tiba-tiba buntu. Akhirnya saya memilih menulis hal lain saja.

Di tengah-tengah kepenatan dan rasa inferior yang tinggi terhadap apa yang saya kerjakan sekarang, dipikiran saya selalu terlintas bahwa ‘kebetulan saya berada di institusi ini, dimana keinginan untuk mengembangkan ilmu (politik) harus tinggi.’ Well, karir akademik sama sekali tidak ada dalam daftar ‘Saya-Ingin-Jadi-Apa’ ketika selesai kuliah. Tapi setelah melihat curriculum vitae yang update beberapa bulan lalu, menelusuri risalah hidup saya sejak lahir hingga saat ini, ternyata karir yang saya bangun adalah karir akademik. UKM penalaran, menang PIMNAS, hibah riset… Zzz…

Jadi, masih menganggap ini sebuah kebetulan?!

Seriously, saya belum memahami konsep Qada dan Qadar secara penuh, karena itu materi yang berat. Tapi bukan berarti lalu saya menyerah, dan kemudian menyerah pada apa yang namanya ‘kebetulan’. Lalu kenapa pikiran semacam tadi bisa datang, heh? *head bang to the wall*

Dan akhirnya saya teringat diskusi dengan seorang kawan waktu kuliah dulu. Bahwa percaya semua hal yang terjadi adalah kebetulan, maka bisa jadi aqidah-nya terganggu. Karena ia meragu, bahwa ada Sang Maha Pengendali, Al Qaabiir. Bahkan daun yang jatuh pun karena tertiup angin pun sudah tertulis di Lauhul Mahfudz. Astaghfirullah, semoga dihindarkan dari ketergangguan aqidah, dalam bentuk sekecil apapun.

Ini bukan kebetulan. Sudah jalannya begini, karena saya dipercaya olehNya, mengemban amanah ini. Jadi mari jalani dengan sebaik-baiknya.

Dan waktu buka puasa yang sudah tiba ini juga pasti bukan kebetulan, kan?😀

Jakarta, 6 Februari 2012

One thought on “Kebetulan

Leave a Reply

