BENTUK COLLECTIVE ACTION YANG DILAKUKAN OLEH FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT CODE SELATAN (FKMCS) (Studi Kasus: Perencanaan Pembangunan Partisipatif Di Kampung Karanganyar Rw 19 Mergangsan Yogyakarta)

Oleh

Ratnaningsih Damayanti, Ulya Niami Efrina Jamson, Dini Suryani, Nizam Zulfikar

Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIPOL UGM

 

Abstrak

Kawasan Bantaran Kali Code sebagai ikon dari kawasan kumuh atau kawasan marginal dari Kota Yogyakarta tidak pernah sepi dari berbagai perhatian baik dari aktor formal maupun informal. Belakangan ada fenomena menarik dimana kawasan Code Selatan, sedikit demi sedikit “keluar” dari kesan kumuhnya karena telah dibangun beberapa fasilitas untuk memperindah kawasan bantaran kali tersebut, diantaranya paving blok, MCK, dll

Adalah FKMCS (Forum Komunikasi Masyarakat Code Selatan) yang ternyata memiliki jasa besar dalam pembangunan fasilitas tersebut, tidak hanya pembangunan fisik, tapi juga non-fisik. FKMCS juga bertujuan untuk merubah gaya hidup masyarkat yang kotor dan pola pikir masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki kawasan Code, sehingga timbul partisipasi terhadap perbaikan dan pembangunan kawasan tersebut. dan oleh sebab itu kami tertarik untuk lebih lanjut mengamati fenomena pembangunan partisipasi tersebut.

FKMCS yang diinisiasi oleh beberapa orang mampu berjejaring dengan berbagai lembaga lain yang bisa mendukung visi dan misi FKMCS diantaranya Bapedalda, LSM dan funding dalam hal ini GTZ. Akhirnya karena banyaknya fasilitas yang dibangun sedikit-demi sedikit mampu me-reframe masyarakat sehingga ikut “ngopeni” fasilitas tersebut. Hal ini diantaranya bisa terlihat dari banyaknya warga yang ikut dalam sarasehan yang diadakan FKMCS untuk menjaring aspirasi warga dalam membangun kawasan Code Selatan.

Dalam laporan ini kita akan mengeksplorasi sejauh mana FKMCS mampu meng-engage partisipasi masyarakat dalam membangun kawasan Code Selatan mengingat derajat dan bentuk partisipasi yang berbeda-beda pada masing-masing individu dalam masyarakat. FKMCS sebagai aktor informal yang beranggotakan masyarakat setempat menjadi pendorong yang efektif untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat setempat dalam membangun kampung mereka.

 

 

Abstrak di atas disusun sebagai bagian dari Laporan Akhir Penelitian pada Kompetisi Hibah Penelitian yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Tahun di tahun 2008.

Alhamdulillah kami semua sudah lulus S1. Semangat di tempat yang baru ya teman-teman🙂

Oh ya, sebagai bagian tak terpisahkan dari riset ini adalah Kona dan Phuket. Remember guys? Hahaha😀

8 thoughts on “BENTUK COLLECTIVE ACTION YANG DILAKUKAN OLEH FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT CODE SELATAN (FKMCS) (Studi Kasus: Perencanaan Pembangunan Partisipatif Di Kampung Karanganyar Rw 19 Mergangsan Yogyakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s